Rabu, 17 Januari 2018

Jenis-Jenis Peralatan Tinju (Boxing Equipment)

Olahraga tinju ialah salah satu olahraga yang multifungsi. Olahraga tinju selain menguatkan tubuh anda, tinju juga sanggup meningkatkan konsentrasi serta sangat anggun untuk latihan kardio (menurunkan berat badan). Olahraga tinju sanggup menciptakan tubuh anda menjadi elastis sebab olahraga tinju mengharuskan anda untuk banyak bergerak. 

Nah, dalam olahraga tinju ini anda juga membutuhkan peralatan-peralatan yang sanggup menunjang latihan tinju anda. Peralatan2 untuk olahraga tinju ini juga sanggup anda gunakan untuk home gym alias untuk latihan belajar sendiri di rumah. 

Berikut ialah jenis-jenis peralatan olahraga tinju:  

1. Head guard (pelindung kepala) 

Pelindung kepala dipakai dikala anda melaksanakan latihan sparring dengan rekan anda. Pelindung kepala bertujuan untuk melindungi kepala anda dari benturan jawaban pukulan, sehingga tidak mengakibatkan cedera pada kepala. 

2. Sarung tinju 

Sarung tinju ialah peralatan tinju utama yang harus anda miliki, sebab fokus olahraga tinju ialah meninju target, maka anda harus mempunyai sarung tinju. Sarung tinju dipakai untuk melindungi tangan anda supaya buku jari tidak cedera dikala meninju target. 

3. Samsak tinju 


Samsak tinju ialah alat utama yang anda butuhkan untuk olahraga tinju yang berfungsi sebagai sasaran pukul. Tanpa adanya samsak tinju, latihan tinju anda niscaya tidak lengkap, sebab samsak tinju mempunyai aneka macam fungsi yaitu untuk melatih kecepatan, sasaran dan kekuatan pukulan.

4. Alat skipping 

Alat skipping mempunyai kegunaan untuk melatih kekuatan dan kelenturan kaki. Alat ini sangatlah diharapkan dalam olahraga tinju. Selain itu, skipping juga bertujuan sebagai latihan kardio. Baca juga: Manfaat Lompat Tali Secara Rutin. 

5. Mouth guard (pelindung gigi) 
Pelindung gigi diharapkan dikala anda melaksanakan spparing partner. Jadi, dikala sparring partner anda tidak hanya memakai pelindung kepala, namun anda juga harus memakai pelindung gigi untuk keamanan. 

6. Punching pad 
Punching pad merupakan sasaran pukul. Namun penggunaannya, anda harus mempunyai partner yang bertugas memegang punching pad, dan anda yang memukul punching pad tersebut. Punching pad dipakai untuk mengasah pukulan. 

7. Hand wrap 

Hand wrap dipakai untuk membalut sekitar kepalan tangan anda. Tujuannya ialah untuk melindungi tangan anda dari cedera benturan dikala anda sedang meninju target. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar