Sabtu, 13 Januari 2018

Tutorial Lengkap Gerakan Home Gym

Olahraga rumahan atau biasa disebut home gym ternyata cukup terkenal dilakukan oleh kebanyakan orang. Banyak orang yang sudah mulai menyadari betapa pentingnya kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh yaitu aset, dan bukan hanya sekedar kewajiban saja untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Menjaga kesehatan dengan berolahraga di rumah tidak berbeda dengan saat anda melaksanakan olahraga di daerah fitnes. Semua mempunyai benefit yang sama, yaitu sama-sama menciptakan tubuh anda menjadi sehat, bugar dan kuat. 

Bagi anda yang menentukan home gym, maka olahraga rumahan bekerjsama mempunyai cukup banyak gerakan praktis yang sanggup anda lakukan. Beberapa gerakan olahraga rumahan memang sederhana dan gampang dilakukan. Namun ada baiknya di pos ini saya memperlihatkan tutorial lengkap mengenai gerakan-gerakan home gym. 

Apa saja gerakan2 home gym yang sanggup anda lakukan? Simak tutorialnya dibawah ini. 

1. Push up
Push up yaitu gerakan mendorong tubuh anda. Push up yaitu gerakan yang sangat praktis dan efektif membentuk otot dada, lengan, dan pundak anda. Push up dilakukan dengan cara kedua tangan dan kaki anda menyentuh lantai, dengan posisi tubuh lurus, kemudian naikkan dan turunkan tubuh anda memakai tangan, sampai dada menyentuh lantai. Baca juga: Variasi Latihan Push Up untuk Membentuk Otot Dada. 

2. Dips chair 

Dips chair yaitu latihan dips yang bertujuan untuk membentuk otot tricep. Anda membutuhkan peralatan berupa kursi. Tahapan pelaksanaannya, letakkan kedua tangan anda di dingklik dan kedua kaki menyentuh lantai. Kemudian naikkan dan turunkan tangan anda. Lakukan gerakan tersebut 20-25 repetisi.  

2. Sit Up

Sit up bertujuan untuk melatih otot perut. Gerakan sit up sanggup anda lakukan di rumah dan sit up juga mempunyai aneka macam macam variasi gerakan latihan. Anda sanggup baca variasi latihan sit up disini: Variasi Latihan Sit Up (Otot Perut Atas, Bawah, dan Samping)

3. Jumping Jack 

Jumping merupakan gerakan kardio yang sanggup anda lakukan di ruangan tanpa harus memakai peralatan apapun. Jumping jack dilakukan dengan cara mengambil posisi bangun dan kedua tangan dibawah. 

Kemudian, buka kedua kaki selebar bahu, dan kedua tangan diangkat sambil melaksanakan gerakan meloncat, kemudian kembali ke posisi semula. Gerakan ini juga merupakan gerakan home gym yang sangat manis untuk memangkas lemak. 

4. Mountain Climbers 
Mountain climbers juga merupakan gerakan latihan kardio menyerupai jumping jack. Tahapan pelaksanaannya ambil posisi push up. Kemudian, majukan kaki kiri dan kanan anda secara bergantian layaknya saat anda sedang mengayuh sepeda. Mountain climbers yaitu gerakan home gym yang manis untuk memangkas lemak perut bab bawah.

5. Squat 
Squat yaitu gerakan yang melatih otot kaki. Tahapan pelaksanaannya: Berdiri dengan posisi tegak. Kemudian lakukan gerakan jongkok. Ketika jongkok, punggung anda harus lurus dan jongkok harus dilakukan secara penuh, dilarang setengah-setengah. Setelah itu kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan tersebut. 

6. Jumping 

Jumping merupakan gerakan yang bertujuan menguatkan kaki, dan sekaligus gerakan kardio yang sanggup menurunkan berat badan.

7. Pull up 
Pull up yaitu gerakan olahraga home gym yang sangat efektif untuk melatih seluruh otot tubuh bab atas. Gerakan pull up sangat manis untuk membentuk otot. Ada banyak sekali variasi latihan pull up yang sanggup anda coba di rumah. Baca juga: 10 Variasi Latihan Pull Up untuk Perkembangan Otot.

8. Plank 

Plank bertujuan untuk melatih dan meratakan perut. Tahapan pelaksanaan: Lakukan posisi menyerupai push up, dan pergelangan tangan anda menyentuh lantai. Kemudian tahan posisi anda selama 30 detik - 1 menit.  Baca juga: Gerakan-gerakan Olahraga Plank 

9. Back up


Back up menyerupai sit up bertujuan untuk melatih otot perut. Hanya saja, back up mempunyai gerakan yang lebih menantang. 

Nah itulah 9 gerakan home gym yang sanggup anda lakukan, di mana gerakan2 tersebut sejatinya sanggup berfungsi untuk melatih seluruh bab otot tubuh anda, mulai dari otot tubuh bab atas sampai otot tubuh bab bawah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar