Jumat, 12 Januari 2018

Pengertian Dan Metode Latihan High Intensive Internal Pembinaan - Hiit

Salah satu metode latihan fisik yang berfokus pada latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan yaitu metode latihan high intensive interval pembinaan (HIIT). HIIT sesuai namanya yaitu latihan kardio dengan intensitas tinggi dengan waktu yang lebih singkat, hanya sekitar 15-25 menit. Sedangkan kita selama ini juga mengenal latihan kardio ringan yang memakan waktu sampai 30-45 menit, ibarat jogging santai. 

Latihan HIIT pada umumnya menggabungkan beberapa jenis latihan yang mengharuskan anda untuk bergerak lebih cepat dalam tempo waktu yang singkat, yang mengharuskan anda untuk melakukannya dalam satu set, dan gerakan ini yaitu gerakan2 kardio tinggi yang menguras stamina. 


Beberapa gerakan HIIT antara lain: Sprint, burpee, squat junp dan kemudian diikuti dengan istirahat sejenak ibarat jalan santai. Gerakan HIIT ini umumnya banyak terdapat pada sajian latihan freeletics. 

Menu latihan freeletics ibarat sajian Aphrodite yang mengharuskan anda untuk latihan burpee 50x, 50x squat dan 50x sit up, dan gerakan ini harus anda lakukan sekaligus. Itu yaitu teladan latihan HIIT. Baca juga: Gerakan-gerakan olahraga freeletics.

HIIT memakan waktu yang lebih singkat namun sangat efektif? Mengapa HIIT dikatakan sangat efektif memperabukan lemak?  

Selama ini banyak anggapan bahwa latihan kardio yang dilakukan dalam durasi lebih panjang, maka lemak akan lebih banyak terbakar. Namun HIIT justru sanggup memperabukan lemak dengan durasi waktu yang tidak panjang. 

Pada HIIT, anda harus melaksanakan gerakan yang memacu jantung anda untuk bekerja lebih cepat. Berlari cepat / sprint, meloncat dan jongkok yaitu gerakan yang memacu jantung anda. 

Jadi dikala anda melaksanakan HIIT, anda mungkin membutuhkan waktu 5 menit saja untuk mengeluarkan aneka macam keringat. Sedangkan pada olahraga kardio biasa, anda gres benar2 mengeluarkan keringat 15-20 menit. 

Berikut yaitu teladan kegiatan latihan HIIT yang sanggup anda coba: 

Squat jump 20x dan Push up 10 x - jalan santai 20 detik - Squat jump 20x dan Push up 10 x - jalan santai 20 detik - Squat jump 20x dan Push up 10 x - jalan santai 20 detik - Squat jump 20x dan Push up 10 x - jalan santai 20 detik - Squat jump 20x dan Push up 10 x. 

Jadi pada kegiatan latihan HIIT ini, anda melaksanakan 20 kali squat jump dan eksklusif dilanjutkan push up 10 kali tanpa boleh istirahat. Setelah itu, anda gres sanggup istirahat dengan jalan santai 20 detik, kemudian lakukan lagi gerakan squat jump dan push up.

Jadi totalnya anda melaksanakan squat jump sebanyak 100 kali, push up 50 kali. Durasi waktu yang diharapkan kurang lebih hanya 20 menit. 

Berikut teladan kegiatan latihan HIIT lainnya yang sanggup anda coba: 

Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit - Burpee 1 menit - lari kecil 0,5 menit

Total waktu yang diharapkan adalah: 17 menit. Dengan latihan HIIT ini, anda tidak butuh waktu banyak, efektif, namun pembakaran lemak benar-benar terjadi di dalam badan anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar