Senin, 15 Januari 2018

Bolehkah Melatih Otot Bicep Dan Tricep Secara Bersamaan?

Otot bicep dan otot tricep ialah bab dari otot lengan yang perlu anda asuh dikala anda melaksanakan fitness. Otot bicep dan tricep yang dilatih akan menciptakan otot lengan anda semakin kokoh. Dalam dunia fitness memang sudah banyak perdebatan yang menyampaikan bahwa otot bicep dan otot tricep itu dihentikan dilatih bersamaan. 

Alasannya adalah: Otot bicep dan tricep mempunyai gerakan yang berlawanan, sehingga dikala anda melatih secara bersamaan, otot anda tidak akan berkembang. Alasan kedua yang sering muncul ialah otot bicep dan tricep sama-sama metode latihan otot lengan. Kaprikornus kalau anda melatih secara bersamaan, hal ini menciptakan otot lengan terlalu capek kalau kedua otot tersebut dilatih bersamaan. 


Tapi Kalau anda bertanya di web Program Latihan Fisik ini apakah boleh otot bicep dan tricep dilatih bersamaaan, maka saya jawab: BOLEH. Apa alasannya saya menyampaikan boleh?  

Pertama"Gerakan berlawanan" ialah gerakan fitness yang berlawanan satu dengan lain. Sebagai contoh, gerakan mendorong (push) dan gerakan menarik (pull) ialah gerakan yang berlawanan satu sama lain. Jadi, gerakan push up dan gerakan pull up ialah gerakan yang berlawanan.

Artinya, kalau anda percaya bahwa otot bicep dan tricep dihentikan dilatih bersamaan alasannya ialah mempunyai gerakan yang berlawanan, maka artinya anda dihentikan berlatih pull up dan push up di hari yang sama. Padahal, dalam sajian latihan atlet, push up dan pull up seringkali digabung / dikombinasikan menjadi satu hari sajian latihan. 

Contoh lainnya, gerakan bench press. Bench press selain melatih otot dada bersama-sama juga melatih otot tricep anda. Jadi kalau berdasarkan teori dihentikan melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan dalam satu hari, maka bersama-sama anda dihentikan latihan bench press dan latihan bicep dalam satu hari yang sama.

Padahal, banyak bodybuilder yang memakai sajian latihan bicep dan chest dalam satu hari, dan jadinya sangat maksimal. 

Selain itu, bersama-sama hampir semua gerakan latihan fitness memakai tangan. Anda berlatih otot bahu, bicep tricep, punggung, semua latihan tersebut harus memakai kekuatan otot tangan anda, sehingga meskipun anda melatih otot punggung misalnya, maka otomatis otot tangan anda akan ikut terbentuk.

So, kalau ada pendapat yang menyampaikan dihentikan melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan alasannya ialah akan menciptakan otot lengan capek, alasan tersebut tidak masuk akal. Sekali lagi, hampir semua gerakan fitness secara umum dikuasai memakai kekuatan tangan anda. 

Kesimpulannya: Melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan boleh dilakukan. Tidak duduk kasus anda melatih kedua otot tersebut di hari yang sama. Asalkan jangan melatihnya setiap hari, alasannya ialah otot anda membutuhkan masa istirahat untuk pemulihan. 

Fitness bukanlah metode latihan yang kaku. Anda bersama-sama sanggup melaksanakan banyak kombinasi sajian latihan yang nyaman untuk anda. Selama anda sanggup konsisten melakukannya, anda akan mendapat hasil  maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar