Kamis, 18 Januari 2018

Macam-Macam Otot Dan Metode Latihannya

Ketika anda melaksanakan kegiatan olahraga, atau anda yang sedang dalam agenda pembentukan tubuh anda niscaya melatih otot-otot tubuh tertentu yang ingin anda fokuskan. Nah, jika anda ingin menjalankan olahraga membentuk tubuh (fitness), anda harus memahami jenis-jenis otot tubuh serta metode latihannya. Jangan hingga otot-otot tubuh anda terbentuk dengan tidak seimbang. 

Misalnya, anda terus fokus melatih otot lengan tetapi anda mengabaikan latihan otot perut dan otot kaki. Hal ini menciptakan otot tubuh anda menjadi tidak seimbang. Maka dari itu, anda harus melatih otot-otot tubuh anda secara seimbang. Berikut ialah macam-macam otot insan yang perlu anda ketahui. 

Otot tubuh insan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu UPPER BODY (Otot tubuh penggalan atas ) dan LOWER BODY (Otot tubuh penggalan bawah). Upper body terdiri dari otot bicep, otot tricep, otot bahu, otot forearm, otot perut, otot leher, otot sayap, otot dada. Sedangkan lower body terdiri dari otot kaki, yaitu otot paha dan otot betis. 

UPPER BODY MUSCLE 

1. Otot lengan depan (bicep) dan belakang (tricep)

Otot lengan dibagi menjadi dua, yaitu otot bicep dan otot tricep. Otot bicep ialah otot lengan penggalan depan yang biasa ditonjolkan saat seseorang sedang memamerkan ototnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini: 


Otot bicep merupakan otot lengan utama yang harus anda latih. Berikut ialah gerakan-gerakan untuk melatih otot bicep: Gerakan-gerakan Latihan Otot Bicep. Sedangkan otot tricep ialah otot lengan yang letaknya berada di belakang. Berikut ialah otot tricep:


Otot tricep yang terbentuk dengan baik akan menciptakan lengan anda terlihat kencang. Salah satu penyebab lengan terlihat berlemak ialah alasannya seseorang tidak pernah melatih otot tricepnya. Untuk latihan tricep, berikut ialah agenda latihannya: Gerakan Melatih Otot Tricep Secara Sempurna di Rumah.

2. Otot pundak (deltoid)

Otot pundak bergotong-royong masih masuk dalam otot lengan. Otot pundak ialah otot lengan penggalan atas atau sering disebut sebagai otot deltoid. Otot deltoid itu sendiri dibagi menjadi 3. yaitu otot pundak penggalan depan, otot pundak penggalan samping dan otot pundak penggalan belakang. Berikut ialah anatomi otot deltoid. 



Otot deltoid harus anda didik untuk semua jenis ototnya (baik penggalan depan, penggalan samping dan penggalan belakang). Otot pundak yang terbentuk dengan baik sanggup membantu memperbaiki postur tubuh anda menjadi lebih tegap. Berikut ialah macam-maca gerakan latihan untuk otot bahu: Gerakan-gerakan Latihan Membentuk Otot Bahu. 

3. Otot forearm 

Otot forearm disebut juga dengan otot pergelangan tangan. Otot pergelangan tangan merupakan penggalan penting dalam otot tubuh manusia. Letak otot forearm ialah di sekitar pergealangan tangan sebelum lengan. Berikut ialah otot forearm


Forearm muscle yang berpengaruh akan menguatkan genggaman anda. Untuk melatih otot forearm, anda bisa lihat gerakan2nya disini: Gerakan Latihan Sempurna untuk Membentuk Otot Forearm.

4. Otot perut

Otot perut ialah otot yang berperan penting dalam tubuh anda. Jika seseorang mempunyai perut buncit dan obesitas, hal ini bisa meningkatkan risiko aneka macam macam penyakit. Otot perut sendiri dibagi menjadi otot perut penggalan atas, tengah, samping dan otot perut penggalan bawah. Berikut ialah variasi latihan untuk membentuk otot perut. Baca: Variasi Latihan Sit Up (Otot Perut Atas, Bawah, dan Samping)

5.  Otot leher (trapezius) 

Otot leher terletak diatas otot bahu. Otot leher yang terbentuk dengan baik juga bisa menciptakan postur anda menjadi lebih baik dan lebih tegap. Berikut penampakan otot leher



Otot trapezius bergotong-royong merupakan penggalan dari otot bahu, jadi teladan latihan otot leher sama dengan otot bahu. Ketika anda melatih otot pundak anda, otomatis otot trap anda akan terbentuk juga. 

6. Otot serratus anterior (otot sayap)



Otot sayap ialah otot yang terletak dibawah ketiak. Otot sayap yang terbentuk dengan baik akan menguatkan tubuh anda. Berikut ialah jenis-jenis latihan untuk melatih otot sayap: 5 Cara Membentuk Otot Sayap dengan Mudah.

7. Otot dada 

Otot penting lainnya ialah otot dada. Otot dada ialah jenis otot yang paling sering dilatih seseorang. Otot dada ialah otot besar yang mempunyai tugas besar terhadap tubuh anda. Otot dada yang terlatih akan memuat tubuh anda terlihat lebih bidang. Otot dada terdiri dari otot dada penggalan atas, otot dada penggalan samping dan otot dada penggalan bawah. Berikut ialah gerakan2 untuk melatih otot dada: Gerakan Membentuk Otot Dada Secara Sempurna

8. Otot punggung (back)


Otot punggung ialah penggalan dalam otot besar. Otot punggung juga dilarang anda lupakan dalam agenda latihan fitnes anda. Otot punggung dibagi menjadi otot punggung penggalan atas, tengah, dan otot punggung penggalan bawah. Berikut gerakan2 latihan untuk membentuk otot punggung: Gerakan Melatih Otot Punggung.

LOWER BODY MUSCLE 

8. Otot paha (quadriceps)



Otot paha ialah penggalan dari otot kaki yang harus anda latih. Otot kaki berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Berikut ialah latihan untuk melatih otot paha: Cara Praktis Mengecilkan Paha dan Betis secara Cepat dan Alami

9. Otot betis 

Otot betis ialah penggalan dari otot kaki lainnya. Otot betis yang terlatih selain menguatkan lower body, anda akan lebih berpengaruh dalam berlari. Berikut ialah gerakan2 untuk melatih otot betis: 6 Cara Cepat Membesarkan Otot Betis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar