Rabu, 10 Januari 2018

Berapa Repetisi Push Up Yang Baik?

Push up yaitu olahraga yang sangat umum dan familiar untuk dilakukan oleh semua kalangan. Push up mempunyai banyak kelebihan, disamping alasannya yaitu olahraga ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan alat apapun, push up bisa dilakukan di rumah dan push up bisa membentuk seluruh upper body anda. Baca juga: Otot-otot yang Dilatih Saat Push Up. 

Sedangkan di dalam olahraga fisik, termasuk push up, kita niscaya sering mendengar istilah repetisi. Jika anda belum tahu apa itu repetisi, baca pos: Perbedaan Set dan Repetisi. Banyak pertanyaan tentang: Berapa repetisi push up yang baik? Apakah sebaiknya melaksanakan push up dengan sedikit reptisi atau dengan repetisi yang banyak?

Sebelum saya menjelaskan perihal berapa jumlah repetisi push up yang baik, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis repetisi dalam push up. Repetisi dalam push up bergotong-royong bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Push up dengan repetisi cepat

Push up dengan repetisi cepat umumnya dilakukan pada ketika anda tidak melaksanakan gerakan full push up. Untuk lebih jelasnya, perhatikan rujukan gerakan full push up dibawah ini: 


Gerakan full push up dilakukan ketika anda melaksanakan gerakan "push" dengan posisi dada menyentuh / hampir menyentuh lantai. Sedangkan ketika anda melaksanakan gerakan "up" / menaikkan kembali posisi tubuh anda, posisi siku anda lurus dihentikan menekuk. 

Nah, bila gerakan half push up yaitu gerakan push up yang dilakukan ketika anda melaksanakan "up" dengan siku yang tidak 100% lurus alias masih terlihat setengah menekuk.

Gerakan push up yang dilakukan dengan setengah ini biasanya dilakukan dengan repetisi cepat dan banyak. Tujuannya yaitu untuk mempertahankan masa otot dan lebih kearah cutting. Apakah push up dengan repetisi cepat bisa membesarkan otot? Jawabannya bisa. Tapi bila anda ingin membesarkan otot, push up dengan repetisi lambat lebih cepat meningkatkan masa otot. 

2. Push up dengan repetisi lambat 

Push up dengan repetisi lambat umumnya dilakukan ketika anda melaksanakan push up full. Dengan repetisi lambat dan push up full, maka masa otot anda akan lebih terbentuk. Push up inilah yang ditujukan untuk membentuk atau membesarkan masa otot. 

Lalu, berapa repetisi push up yang baik? 

Repetisi push up yang baik semuanya tergantung dan semuanya harus dilakukan secara bertahap. Ada baiknya, anda mulai mencoba melaksanakan full push up, dengan repetisi yang lebih lambat, alasannya yaitu full push up ini yaitu sebagai gerakan dasar push up biar anda bisa melaksanakan gerakan push up yang benar. 

Kalau anda belum besar lengan berkuasa push up, berikut repetisi push up yang saya sarankan pada anda: 

Push up 5 kali

Push up 10 kali

Push up 15 kali

Push up 20 kali

Push up 25 kali

Push up 30 kali

Dan seterusnya....

Jadi, rujukan push up diatas yaitu lakukan push up sebanyak 5 repetisi. Kalau anda sudah besar lengan berkuasa push up sebanyak 5 repetisi, tingkatkan repetisi anda sebanyak 10 kali dan seterusnya. Intinya, tingkatkan terus sebanyak 5 repetisi. 

Kalau anda sudah besar lengan berkuasa push up dan ingin membentuk otot dengan push up, lakukan push up setidaknya 15 repetisi dalam 5-6 set. Push up dengan metode ini lebih bisa untuk merangsang otot anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar