Rabu, 10 Januari 2018

Otot-Otot Yang Dilatih Dikala Berenang

Olahraga berenang yaitu olahraga yang sangat populer. Bahkan, cukup banyak atlet renang ternama dari aneka macam negara yang menjuarai kompetisi2 dunia ibarat olimpiade. Olahraga renang juga kerap dilakukan oleh semua kalangan. 

Banyak orang-orang yang masih berada di usia Sekolah Dasar sampai orang remaja turut menggemari olahraga renang ini. Bahkan pada aneka macam cabang olahraga, berlatih renang yaitu salah satu cara yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan, stamina dan endurance. 

Olahraga berenang sejatinya sanggup membentuk otot-otot badan anda. Kalau anda perhatikan, para atlet renang mempunyai badan yang atletis dan berotot. Hal ini menandakan bahwa olahraga renang mempunyai segudang manfaat bagi otot anda. 


Lalu, otot apa saja yang bekerja ketika anda melaksanakan olahraga renang? Berikut yaitu otot-otot yang dilatih ketika berenang

1. Otot bahu 

Otot pundak alias otot deltoid yaitu otot utama yang paling banyak bekerja ketika anda berenang. Hal ini dikarenakan ketika anda berenang dengan gaya apapun, ayunan pundak anda niscaya akan tetap diharapkan untuk menciptakan seluruh badan anda bisa bergerak. 

Ketika anda berenang, otot pundak anda baik otot pundak bab depan, otot pundak bab samping dan otot pundak bab belakang akan turut bekerja. Sehingga, jikalau anda rajin berenang otot pundak anda akan menjadi besar dan terbentuk lebih baik. 

2. Otot dada 

Berenang dan mengayunkan badan anda juga menciptakan otot dada anda bekerja. Terutama jikalau anda melaksanakan gaya dada, otot dada anda akan banyak bekerja. Pada gaya dada, otot dada akan anda gunakan untuk mendorong badan anda maju. Hal ini menciptakan otot dada anda akan menjadi lebih lebar dan lebih tebal. 

3. Otot punggung atas (upper back) 

Saat lengan anda mengayun, bukan hanya otot pundak saja yang bergerak tetapi otot punggung bab atas (upper back) juga ikut bekerja dengan maksimal. Sehingga, berenang sanggup berperan besar untuk melebarkan dan menciptakan punggung anda menjadi bidang. 

Gerakan megayunkan tangan kedepan maupun mengayunkan tangan kesamping akan menciptakan punggung anda bergerak. Coba anda perhatikan atlet renang biasanya mempunyai upper body yang besar, hal ini dikarenakan gerakan mengayunkan tangan untuk mendorong badan menciptakan otot2 mereka bekerja lebih keras. 

4. Otot lengan 

Saat anda berenang, bukan hanya otot pundak anda yang bekerja, namun otot2 lengan atas dan lengan bawah, yaitu otot bicep dan otot tricep juga bekerja. Berenang membutuhkan kekauatan lengan yang bekerja terus untuk menciptakan badan anda bergerak di dalam air. Semakin sering anda berenang, otot lengan anda akan semakin terlatih. 

Itulah keempat macam otot yang dilatih ketika anda berenang. Pada umumnya, berenang akan menciptakan otot badan bab atas anda terlihat lebih kekar. Renang juga merupakan olahraga yang bisa meningkatkan kemampuan kardiovaskular anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar