Minggu, 21 Januari 2018

Otot-Otot Yang Dilatih Ketika Plank

Olahraga plank sudah menjadi olahraga yang umum dilakukan. Sama menyerupai olahraga push up, olahraga plank ini sangat terkenal dan hampir semua cabang olahraga selalu memasukkan sajian plank ke dalam sajian latihan bodyweight. Jika anda belum tahu ihwal olahraga plank, baca pos ini: 6 Manfaat Olahraga Plank Setiap Hari.

Plank yaitu gerakan olahraga bodyweight, di mana anda harus mengambil posisi telungkup dengan kedua tangan anda menahan badan anda. Lalu, posisi punggung anda lurus dan kedua kaki menyentuh lantai. 


Mengapa olahraga plank ini sangat digemari? Otot-otot apa saja yang bekerja ketika anda melaksanakan olahraga plank? Mari kita simak jawabannya: 

1. Otot perut

Plank memang olahraga yang fokus utamanya yaitu untuk meratakan perut anda. Plank mempunyai banyak kelebihan. Plank bukan hanya melatih otot perut bab atas atau otot perut bab bawah. Tetapi plank melatih semua jenis otot perut (otot perut atas, tengah dan bawah) dalam satu gerakan yang dilakukan secara bersamaan. Baca juga: Otot-otot yang Dilatih Saat Sit Up.  

2. Otot punggung

Plank juga melatih otot punggung. Tetapi jangan disalah-artikan terlebhih dahulu. Plank bukan bertujuan menciptakan punggung anda menjadi kekar tetapi gerakan plank membantu anda untuk menciptakan postur anda menjadi lebih tegap. Itulah mengapa ketika anda melaksanakan plank, posisi punggung anda harus lurus. 

3. Otot pinggul

Plank juga melatih otot pinggul. Plank yang dilakukan secara rutin sanggup meratakan pinggul anda. Namun, plank akan lebih menargetkan otot pinggul jikalau anda melaksanakan gerakan side plank. Gerakan menahan badan menciptakan pinggul anda juga ikut bekerja dalam olahraga plank. 

4. Otot lengan 

Plank sanggup mengencangkan otot2 lengan anda, terutama pada otot tricep dan otot bahu. Mengapa? Karena plank mengharuskan kedua tangan anda untuk menahan badan anda. Semakin usang durasi anda melaksanakan plank, otot2 lengan anda semakin terlatih. 

Itulah keempat otot utama yang dilatih ketika anda melaksanakan plank. Jika anda ingin membentuk badan yang lebih ideal, anda bisa mencoba melaksanakan olahraga plank secara rutin. Anda bisa mencoba plank 30 detik - 1 menit setiap hari. Jika anda sudah bisa melaksanakan diatas 1 menit, cobalah melakukan plank challenge, yaitu lakukan plank sekuat yang anda mampu. 

Salam sehat Program Latihan Fisik!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar