Sabtu, 13 Januari 2018

Variasi Latihan Squat Untuk Membentuk Otot Kaki

Salah satu jenis latihan terbaik untuk membentuk otot kaki ialah latihan squat. Squat sanggup menguatkan tulang-tulang pada telapak kaki dan membesarkan otot paha. Squat juga merupakan olahraga yang menjadi hidangan utama dalam latihan fitness maupun bodyweight. 

Gerakan squat yang selama ini kita kenal ialah gerakan jongkok dan berdiri. Tapi bersama-sama gerakan latihan squat mempunyai aneka macam variasi yang sanggup anda coba, yang sangat anggun untuk perkembangan otot kaki anda. Berikut terdapat 7 variasi gerakan latihan squat untuk membentuk otot kaki yang sanggup anda coba: 

1. Reguler squat 
Reguler squat ialah squat pada umumnya yang biasa dilakukan, dan squat ini ialah squat basic yang dilakukan tanpa memakai beban apapun alias full bodyweight. Ketika melaksanakan gerakan reguler squat, posisi punggung dan postur anda harus tetap lurus dan tegak. Ketika melaksanakan gerakan jongkok, anda harus melaksanakan gerakan jongkok secara penuh dan dihentikan setengah-setengah.

Jika anda tidak melaksanakan gerakan jongkok penuh, maka otot kaki anda tidak akan bekerja dengan maksimal, sehingga otot anda tidak terbentuk dengan baik. Gerakan reguler squat ini juga dipakai sebagai dasar untuk melaksanakan gerakan-gerakan variasi squat lainnya. 

2. Goblet squat
Goblet squat intinya sama dengan reguler squat. Namun pada goblet squat, anda memakai sepasang dumbbell sebagau embel-embel beban semoga gerakan squat anda lebih menantang. 

3. Squat jump 
Squat jump dilakukan dengan cara berdiri-jongkok-melompat dan lalu kembali lagi ke posisi semula. Squat jump akan lebih menguatkan otot kaki anda alasannya ialah anda harus melaksanakan gerakan jongkok dan melompat. Squat jump selain melatih otot kaki, juga anggun untuk kardio (menurunkan berat badan). 

4. Pistol squat 
Pistol squat ialah squat yang dilakukan hanya dengan satu kaki. Bentangkan salah satu kaki anda lurus kedepan, dan kedua tangan juga dibentangkan lurus kedepan. Setelah itu, satu kaki anda melaksanakan gerakan jongkok dan berdiri. 

5. Lunge squat 

Lunge squat ialah squat yang dilakukan memakai tumit. Tahapan pelaksanaannya: Satu kaki anda berada di posisi depan dan tekuk lutut anda. Satu kaki lainnya berada di posisi belakang. Kedua tangan anda memegang dumbbell sebagai beban tambahan. Kemudian tekuk satu kaki belakang anda memakai tumit. Lakukan juga untuk kaki lainnya. 

6. Weighted squat 
Weighted squat ialah squat yang dilakukan memakai embel-embel beban di pundak berupa barbell. Weighted squat sanggup membentuk dan menguatkan otot kaki lebih cepat. 

7. Sumo squat 

Summo squat ialah gerakan squat yang sama dengan reguler squat. Hanya bedanya, pada sumo squat kedua kaki anda dibuka lebar, selebar bahu. Sumo squat sanggup dilakukan dengan beban atau tanpa beban (dumbbell)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar