Selasa, 16 Januari 2018

5 Laba Latihan Beban Memakai Dumbbell

Dalam latihan fitness, ada banyak sekali alat yang dapat anda gunakan untuk membentuk otot-otot badan anda. Ada barbell, dumbell, kettlebell, push up kafetaria dan banyak sekali mesin fitness yang dapat anda gunakan untuk memokuskan anda untuk melatih bab otot tertentu. 

Namun dari sekian banyak alat, ada satu alat yang boleh aku katakan paling efektif dan efisien, yaitu dumbell. Mengapa alat yang paling efektif untuk latihan bukan machine atau barbell? Apa saja kelebihan latihan memakai dumbbell? Berikut laba berlatih memakai dumbbell: 

1. Dumbbell dapat dipakai untuk semua jenis gerakan 

Dumbbell dapat dipakai untuk semua jenis gerakan latihan. Dengan memakai sepasang dumbebell, anda dapat melatih otot bicep, tricep, bahu, kaki, perut, leher, dada. Sepasang dumbbell dapat dipakai untuk seluruh gerakan menyerupai bicep curl, tricep push down, squat dan lain2. 

Sehingga, hanya dengan sepasang dumbbell anda bekerjsama sudah dapat melatih seluruh jenis otot anda. Sedangkan jikalau anda berlatih memakai bench press misalnya, anda hanya dapat melatih otot dada, tetapi anda tidak dapat melatih otot lengan dan otot bahu.

Kalau anda latihan memakai pull down machine, maka anda hanya dapat melatih otot sayap dan otot punggung saja, tetapi anda tidak dapat melatih otot lengan, otot perut dan otot dada. Jadi, dumbbell inilah yang mempunyai gerakan multifungsi. Baca juga: 4 Gerakan Dumbell untuk Membentuk Otot Perut
2. Dumbell menyeimbangkan kekuatan otot 

Dumbbell yaitu alat yang beban beratnya tidak dapat anda ubah-ubah (kecuali dumbbell bongkar pasang). Dengan adanya berat dumbbell yang sifatnya fix, and tidak perlu khawatir beban yang anda gunakan tidak seimbang antara beban untuk tangan kiri dan tangan kanan. 

3. Lebih aman

Dumbbell lebih kondusif dipakai alasannya yaitu anda dapat terhindar dari risiko cedera yang lebih besar. Sebagai contoh, jikalau anda latihan memakai bench press, maka akan sangat berbahaya jikalau anda memakai beban yang berat tanpa didampingi oleh instruktur. Hal ini berisiko barbell akan menimpa dada anda. Namun jikalau anda memakai dumbbell, anda dapat menjatuhkan dumbbell dengan kondusif kesamping saat anda sudah tidak besar lengan berkuasa melaksanakan angkatan beban. 

4. Rentang gerak lebih leluasa 

Dumbbell mempunyai rentang gerak yang leluasa. Hal ini berbeda saat anda memakai machine atau barbell, rentang gerakan anda jauh lebih terbatas. Dengan rentang gerak yang leluasa ini pula anda dapat melaksanakan banyak sekali macam gerakan latihan. 

5. Lebih variatif 

Dengan latihan dumbbell, anda dapat melaksanakan banyak gerakan untuk melatih satu jenis otot saja. Misalnya anda ingin melatih otot bicep. Dengan dumbbell, anda dapat melaksanakan gerakan bicep curl, concentration curl, hammer curl, single bicep curl dan lain2. 

Tapi kalau anda memakai machine, contohnya preacher curl machine, anda hanya dapat melaksanakan satu gerakan saja, yaitu concentration curl untuk melatih otot bicep. Demikian juga jikalau anda berlatih memakai barbell, anda hanya dapat berlatih memakai satu gerakan saja untuk otot bicep, yaitu bicep curl. 

Machine, barbel, atau dumbbell untuk home gym???

Kalau anda ingin berlatih di rumah sendiri alias home gym workout, aku menyarankan anda untuk membeli dumbbell daripada membeli barbell atau machine. Jika anda memakai dumbbell anda dapat memprogram latihan anda untuk banyak sekali macam jenis gerakan..

Selamat berlatih.. Salam sehat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar