Senin, 22 Januari 2018

Otot Yang Dilatih Ketika Sit Up

Olahraga sit up selama ini dikenal sebagai olahraga yang bertujuan untuk melatih otot perut. Memang benar, dengan melaksanakan gerakan sit up otot perut anda dapat lebih terdefinisi dengan baik. Baca juga: Variasi Latihan Sit Up (Otot Perut Atas, Bawah, dan Samping). 

Berdasarkan tujuan sit up, maka sudah terang bahwa sit up sejatinya bertujuan untuk melatih otot perut. Tidak ada otot lainnya yang dilatih selain otot perut. Tapi perlu anda ketahui bahwa sesungguhnya otot perut itu sendiri dibagi menjadi 4, yaitu otot perut bab atas (upper abs), otot perut bab tengah, otot perut bab bawah (lower abs) dan otot perut bab samping (side abs). 

Gerakan sit up yang umum dilakukan, yaitu standard sit up / crunch, hanya mempunyai kegunaan untuk melatih otot perut bab atas otot perut bab tengah. Gerakan crunch tidak terlalu berperan dalam dalam melatih otot perut bab bawah dan otot perut bagianj samping. 

Sedangkan untuk melatih otot perut bab bawah dan samping, anda harus memakai aneka macam macam variasi latihan sit up lainnya. Sit up dengan jumlah yang terlalu banyak juga tidak terlalu efektif membentuk otot perut anda, alasannya yaitu ibarat yang saya jelaskan, untuk membentuk otot perut, anda tidak disarankan untuk melaksanakan sit up saja. 

Ada banyak gerakan untuk membentuk otot perut bab bawah dan samping. Misalnya gerakan dumbell side-to-side bertujuan untuk melatih otot perut bab samping. Kemudian latihan hip trust mempunyai kegunaan untuk melatih otot perut bab bawah. Baca juga: Variasi Latihan Sit Up (Otot Perut Atas, Bawah, dan Samping)

Jadi kesimpulannya, otot yang dilatih ketika sit up adalah: Otot perut bab atas dan otot perut bab tengah. Sit up tidak melatih seluruh bab otot perut anda. Otot perut anda akan terbentuk dengan baik apabila anda melaksanakan variasi olahraga untuk melatih otot perut lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar