Sabtu, 13 Januari 2018

Angkat Beban Setiap Hari, Baguskah Untuk Pertumbuhan Otot?

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran badan sekaligus membentuk otot yaitu dengan berlatih angkat beban. Angkat beban umumnya dilakukan di kawasan fitnes atau anda bisa melakukannya di rumah (home gym). Angkat beban memang sangat efektif dan cepat membentuk membentuk otot asalkan anda melakukannya dengan benar dan dengan teknik yang sempurna juga tentunya. 

Banyak teori mengatakan, semakin sering anda rajin berlatih, otot anda akan semakin terbentuk dengan baik. Hal ini benar. Namun, istilah "rajin latihan" ini kemudian banyak diinterpretasikan sebagai "latihan setiap hari".


Ya, ketika ini masih banyak orang beranggapan dengan latihan beban setiap hari maka otot akan semakin cepat terbentuk. Memang latihan beban ada baiknya dilakukan secara rutin jikalau anda ingin mendapat hasil yang maksimal. 

Namun apakah manis jikalau latihan beban dilakukan setiap hari? Oke, untuk menjawab pertanyaan dan keraguan tersebut, saya akan mencoba mengupas beberapa poin penting terkait 'latihan yang dilakukan setiap hari': 

1. Otot anda sama ibarat badan anda

Perlu anda ketahui, sistem kerja otot sama dengan badan anda. Setelah anda bekerja seharian, badan anda membutuhkan istirahat (tidur). Anda mustahil bekerja 24 sehari tanpa istirahat. Hal ini akan menjadikan anda capek, ngantuk dan pada kesudahannya jatuh sakit, yang kesudahannya menciptakan anda tidak sanggup melaksanakan aktivitas.

Otot juga mempunyai sistem kerja yang sama. Ketika anda berlatih beban, maka ada saatnya anda harus istirahat dari latihan anda. Kalau anda memaksakan latihan beban setiap hari selama 7 hari dalam seminggu tanpa istirahat, maka yang terjadi yaitu anda overtraining. 

Overtraining dalam latihan angkat beban ciri2nya yaitu anda merasa capek, tidak mood latihan, tidak bisa berlatih dengan maksimal, terasa mengantuk ketika latihan. 

Jadi, anda tidak disarankan untuk berlatih angkat beban setiap hari. Anda harus mengistirahatkan otot anda. Angkat beban yang baik idealnya dilakukan sebanyak 4-5 kali dalam seminggu dan 2-3 hari istirahat.  

2. Otot berkembang ketika anda sedang istirahat 

Otot anda bertumbuh dan berkembang bukan ketika anda sedang berlatih, tetapi ketika anda sedang istirahat (rest). Ketika istirahat, otot anda pulih. Disinilah otot anda akan berkembang. Nah, kalau anda tidak pernah menunjukkan otot anda untuk istirahat, maka otot anda tidak akan berkembang, sehingga masa otot anda tidak akan meningkat, namun justru akan menyusut. 

3. Overtraining menjadikan performa anda tidak maksimal 

Ketika anda merasa terlalu capek berlatih alasannya yaitu otot anda dipaksa berlatih setiap hari, maka yang terjadi yaitu anda tidak akan bisa melaksanakan latihan2 anda dengan maksimal. 

Sebagai contoh, kalau anda biasanya bisa mengangkat dumbbell seberat 20 kg, ketika anda overtraining, anda tidak akan bisa mengangkat dumbbell seberat 20 kg. Kalaupun mampu, anda tidak akan bisa melaksanakan gerakan atau repetisi maksimal. 

Jika anda tidak bisa melaksanakan latihan dengan maksimal, apakah masa otot anda bisa berkembang dengan maksimal? Tentu saja tidak. Maka dari itu, ibarat yang saya katakan di poin pertama, otot anda butuh istirahat semoga bisa melaksanakan pemulihan dengan maksimal. Ketika otot anda pulih, maka latihan yang anda jalankan bisa jauh lebih maksimal dan membuahkan hasil yang baik.

Jadi kesimpulannya, angkat beban setiap hari tidak disarankan baik untuk anda yang masih pemula di dunia fitnes maupun anda yang sudah berlatih fitnes bertahun-tahun. Hal ini akan menciptakan otot anda tidak berkembang dan anda akan kerap mencicipi capek. Padahal tujuan olahraga yaitu untuk sehat dan bugar. Selalu lakukan jeda / istirahat 2-3 hari dalam seminggu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar