Kamis, 18 Januari 2018

Sudah Fitnes Tapi Perut Masih Buncit, Kenali Penyebabnya

Fitness selain bertujuan untuk membentuk badan, fitness juga bertujuan untuk diet / menurunkan berat badan. Itulah mengapa orang-orang yang menentukan olahraga fitness mereka sebetulnya juga mempunyai tujuan untuk diet alias mengikis lemak. 


Nah, pernahkah anda sudah rajin menjalani fitnes secara rutin tetapi perut anda masih buncit? Atau dalam kondisi yang lebih buruk, pernahkah anda menjalani fitnes namun berat tubuh anda tidak turun? Apa yang mengakibatkan seseorang yang sudah rajin nge-gym tetapi perut masih buncit? Ada beberapa penyebab utama: 

1. Anda tidak mengatur pola makan dengan benar

Fitness bukan berarti anda bisa memakan apapun yang ingin anda anda makan. Memang tidak ada larangan untuk menghindari 100% makanan2 tertentu. Namun yang perlu anda perhatikan adalah, anda harus membatasi makanan-makanan yang berpotensi mengakibatkan anda cepat gemuk. Baca juga: 12 Makanan yang Bikin Cepat Gemuk. 

Jika anda sudah rajin fitness tetapi anda masih sering konsumsi gorengan, junk food, makanan2 yang manis, kentang goreng, nasi putih terlalu banyak, rendang, masakan padang, maka ya nggak heran jikalau anda tetap buncit walaupun anda sudah berlatih dengan keras. 

Maka dari itu, untuk mendapat hasil yang maksimal, anda harus mengatur pola makan dengan benar. Hasil yang maksimal tidak hanya diperoleh melalui latihan keras sehari-hari, tetapi 60% keberhasilan dalam olahraga fitness dipengaruhi oleh pola makan yang benar. 

2. Anda tidak mengatur pola istirahat 

Banyak orang yang masih mengabaikan pola istirahat yang teratur. Jika anda terlalu banyak begadang, tidak mempunyai pola tidur yang teratur, maka hal ini juga sanggup mengancam keberhasilan acara fitness yang anda jalankan.  

Sebagai contoh, seseorang yang suka begadang meningkatkan risiko mereka untuk makan camilan2 di malam hari. Hal ini akan menimbulkan berat tubuh anda menjadi cepat naik. Selain itu, pola tidur yang tidak teratur juga tidak baik untuk siklus tubuh dan kesehatan seseorang. Mulai sekarang, jikalau anda merasa fitness anda kurang menghasilkan, maka anda harus mulai mengatur pola istirahat anda. 

3. Perhatikan jeda antara istirahat dan makan, terutama makan besar 

Banyak orang yang menjalankan fitness namun masih gemuk, ternyata penyebab utamanya yaitu tidak memperhatikan jeda antara makan besar dan istirahat (tidur). Jika anda sering makan besar, makan camilan, atau sering minum susu sebelum

Idealnya, makan besar hendaknya dilakukan sebelum jam 6 sore. Hal ini dikarenakan sehabis jam 6 sore, acara seseorang akan berkurang. Jika anda makan sebelum tidur, maka kuliner anda akan diubah menjadi lemak dan tidak dibakar, alasannya dikala tidur anda tidak melaksanakan acara gerak. 

4. Anda tidak berlatih kardio 

Kardio yaitu olahraga yang sangat manjur untuk membuang lemak di perut. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa latihan kardio itu tidak penting, alasannya angkat beban sanggup aben lemak. Memang benar angkat beban bisa aben lemak, tetapi anda, namun kardio mempunyai imbas yang jauh lebih anggun untuk aben lemak, sedangkan angkat beban itu sendiri . 

Terutama kalau anda masih mempunyai perut buncit, maka fokus pertama bukanlah membentuk otot, tetapi yaitu aben lemak. Membakar lemak ini dilakukan dengan melaksanakan latihan kardio. Baca juga: Olahraga Kardio Terbaik untuk Membakar Lemak. 

5. Pola latihan anda salah 

Fitness harus dilakukan dengan pola latihan yang benar. Kalau selama ini anda latihan angkat besi, semua alat di daerah fitness anda gunakan tanpa mengetahui dengan benar tujuan alat tersebut dipakai untuk membentuk otot bagiaman mana, maka anda harus mengubah pola latihan anda. 

Pola latihan yang benar dilakukan dengan terstruktur. Misalnya hari senin dan rabu latihan bicep, dada. Hari selasa latihan tricep, punggung, hari kamis dan sabtu latihan shoulder, kaki. Dengan melaksanakan pola latihan yang benar, fitness yang anda jalankan bisa membuahkan hasil yang baik, termasuk mengecilkan perut yang buncit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar