Kamis, 11 Januari 2018

Otot-Otot Yang Dilatih Ketika Chin Up

Salah satu olahraga bodyweight yang sangat terkenal ialah olahraga pull up. Salah satu variasi latihan pull ialah latihan chin up. Mengenai perbedaan pull up dan chin up, saya pernah membahasnya disini: Perbedaan Pull Up dan Chin Up. 

Chin up mempunyai gerakan yang berlawanan dengan pull up. Kalau pada pull up posisi telapak tangan anda mengadap ke bar, maka pada chin up, posisi tangan ialah berlawanan dengan bar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut: 


Tapi gerakan chin up tolong-menolong lebih ringan ketimbang anda melaksanakan pull up, sehingga bagi anda yang masih belum besar lengan berkuasa / belum sanggup melaksanakan gerakan pull up, anda sanggup mencoba gerakan chin up terlebih dahulu. Kalau anda sudah besar lengan berkuasa melaksanakan chin up, anda sanggup mencoba tantangan yang lebih besar, yaitu pull up. 

Namun bukan berarti gerakan chin up tidak berbobot dibandingkan pull up. Chin up men-targetkan otot tertentu untuk dilatih. Ketika anda melaksanakan chin up, otot2 apa saja yang bekerja / dilatih? Berikut otot-otot yang dilatih dikala chin up.

1. Bicep

Gerakan chin up tolong-menolong ialah gerakan yang difokuskan untuk melatih otot bicep anda. Jadi, ketika anda melaksanakan chin up, otot utama yang bekerja ialah otot bicep. Dengan kata lain, ada banyak otot yang bekerja ketika chin up, tetapi otot yang terkena imbas paling besar dikala chin up ialah otot bicep. Jadi, jika anda ingin membentuk otot bicep, anda sanggup mencoba melaksanakan latihan chin up.  

2. Punggung atas dan bahu

Dikarenakan gerakan chin up dilakukan dengan cara mengangkat / menarik tubuh anda, maka otot punggung atas (upper back) dan otot pundak anda otomatis akan ikut dilatih. Tetapi untuk otot bahu, pengaruhnya tidak seberapa besar, alasannya ialah posisi tangan anda ketika melaksanakan chin up ialah berlawanan dengan bar, maka otot yang lebih terkena ialah otot bicep. 

3. Leher

Chin up juga melatih otot leher. Seperti yang saya katakan di poin ketiga, gerakan chin up ialah gerakan menarik tubuh anda, sehingga otot leher juga otomatis akan terbentuk. Chin up yang dilakukan secara rutin akan membantu untuk membentuk dan memperbesar otot lehert (trapezius muscle). 

4. Otot sayap 

Otot sayap atau latissimus dorsi akan ikut bekerja dikala anda melaksanakan chin up. Namun, supaya otot sayap anda sanggup terbentuk dengan sempurna, gerakan chin up yang anda lakukan harus gerakan full. Artinya, pada dikala anda menurunkan tubuh anda, anda harus menurunkan tubuh secara penuh, bukan setengah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar