Senin, 08 Januari 2018

Benarkah Latihan Angkat Beban Dapat Menurunkan Berat Badan?

Anda yang sedang latihan beban, atau anda yang sedang memulai latihan beban, anda niscaya sering mendengar pendapat yang menyampaikan bahwa angkat beban sanggup menurunkan berat tubuh dan memperabukan lemak. Apakah hal ini benar?

Selama ini kita mengenal olahraga kardio menyerupai berenang, lari, treadmill, jogging sebagai rangkaian olahraga kardio terbaik untuk memperabukan lemak. Memang, bagi kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan, mereka akan melaksanakan olahraga kardio. Tapi apakah angkat beban sanggup memperabukan lemak? 


Sebelum saya membahas lebih jauh, anda harus mengetahui konsep "membakar lemak". Proses pembakaran lemak terjadi dari acara BERGERAK. Artinya, kalau anda sedang duduk, tidur, membisu di tempat, pembakaran lemak tidak akan terjadi. 

Sebaliknya, kalau anda banyak melaksanakan acara gerak, entah apakah itu berjalan kaki, berlari, olahraga apapun itu termasuk angkat beban, disitulah terjadi pembakaran lemak. Hanya bedanya, proses pembakaran lemak untuk setiap acara gerak akan berbeda. Kedua, seberapa efektif acara gerak yang anda lakukan.  

Sebagai contoh, anda yang berjalan kaki selama 10 menit tentu saja pembakaran lemak akan lebih sedikit dibandingkan anda yang berlari selama 1 jam.

Tapi kalau anda berlari selama 1 jam, pembakaran lemak anda sanggup jadi lebih baik dibandingkan anda yang berlari selama 2 jam, kalau selama 1 jam anda full berlari dibandingkan orang yang berlari 2 jam, tapi banyak jeda. 

Jadi, kalau anda bertanya apakah benar latihan angkat beban di daerah fitness atau di rumah sanggup menurunkan berat badan? Jawabannya: Bisa, sebab olahraga fitness / angkat beban termasuk dalam acara gerak. 

Namun walaupun angkat beban sanggup menurunkan berat badan, bukan berarti anda berlatih angkat beban berjam-jam di daerah fitness. Hal ini justru menciptakan tubuh anda menjadi letih dan overtraining. Angkat beban ideal dilakukan 45 menit - 2 jam, jangan lebih dari 2 jam. 

Jadi jangan berasumsi kalau anda angkat beban 3 jam maka pembakaran lemak akan lebih banyak daripada angkat beban selama 1 jam. Pembakaran lemak 1 jam sanggup terjadi lebih baik apabila anda sanggup memanfaatkan latihan anda dengan baik. 

Kalau anda ingin memperabukan lemak yang lebih efektif, anda harus memadukan latihan kardio dan angkat beban. Latihan angkat beban saja (terutama bagi anda yang mempunyai banyak lemak dalam tubuh) tidak akan cukup, sebab kardio lebih fokus dalam memperabukan lemak. 

Karena menyerupai yang saya katakan tadi, seberapa efektif acara gerak yang anda lakukan, itu juga kuat terhadap seberapa cepat terjadi pembakaran lemak. 

Aktivitas kardio yang dilakukan dengan intens, sanggup memperabukan lemak lebih banyak ketimbang angkat beban, sebab intinya kardio ialah untuk memperabukan lemak. Nah, mengenai kardio dan angkat beban, anda sanggup baca goresan pena saya disini: Latihan Beban Atau Kardio, Mana yang Sebaiknya Lebih Dulu Dilakukan? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar